-->

Tips Belajar Ilmu Kimia



Sebagai salah satu mata pelajaran utama di jurusan IPA, kimia juga termasuk salah satu yang menjadi momok bagi sebagian siswa. Kimia dianggap sebagai pelajaran yang banyak hafalan maupun perhitungan yang rumit. Dalam mempelajari kimia, diperlukan pemahaman konsep-konsep dasar dan besaran-besaran penting di kimia, bukan hanya sekadar menghafal rumus. Besaran-besaran penting tersebut meliputi besaran umum di fisika seperti massa, volum, densitas, tekanan, dan suhu, serta besaran fundamental di kimia seperti:

– jumlah partikel,
– jumlah mol,
– massa atom relatif,
– massa molekul relatif,
– tetapan gas universal (R = 0,082 L atm mol−1 K−1), dan
– konsentrasi larutan (molaritas, molalitas, dan fraksi mol).

Konsep-konsep dasar kimia saling berkaitan satu sama lain. Dengan kata lain, setiap topik kimia tidak berdiri sendiri, namun saling berhubungan. Ada topik-topik yang menjadi dasar dari topik lain, sehingga perlu dipahami secara baik agar dapat memahami topik-topik lainnya dengan mudah. Topik-topik dasar tersebut, antara lain:

– Teori Atom
– Konfigurasi Elektron
– Sistem Periodik Unsur
– Ikatan Kimia
– Tata Nama
– Unsur, Senyawa, & Campuran
– Hukum Dasar Kimia
– Stoikiometri

pembagian materi kimia SMA

Dari topik-topik dasar itu, kamu akan memahami bahwa susunan atom-atom dalam suatu molekul ataupun suatu kristal berbentuk tiga dimensional. Hal ini penting dalam mengidentifikasi nama senyawa dan menganalisis sifat fisis maupun sifat kimia berdasarkan struktur. Untuk membantu kamu membayangkan model tiga dimensi, kamu dapat menggunakan alat peraga seperti molymod ataupun menelusuri halaman web yang menunjukkan animasi model 3D dari molekul.

Setelah kamu memahami konsep-konsepnya, cobalah untuk mengerjakan latihan soal. Proses mengerjakan latihan soal sangatlah penting untuk menguji seberapa jauh kamu menguasai materi. Dengan demikian, kamu bisa mengetahui materi mana yang belum dikuasai dan mencoba memahami kembali materi tersebut. Untuk mengerjakan soal-soal hitungan, kamu juga diharapkan telah menguasai konsep-konsep matematika dasar, seperti persamaan kuadrat, perpangkatan, dan logaritma.

Di balik semua tips belajar kimia tersebut, hal yang terpenting adalah kemauan, kegigihan, dan ketekunan dalam belajar. Sebab dengan adanya semangat pantang menyerah, materi sesulit apapun juga dapat dipahami. Itulah beberapa tips belajar kimia secara singkat. Semoga bermanfaat.

Tags
Share
Previous article
Next article
This Is The Oldest Page

0 Response to "Tips Belajar Ilmu Kimia"

Posting Komentar